VOIP Mengunakan Asterisk
ASTERISK
Aterisk adalah salah satu software
berbasis system operasi Linux. Asterisk merupakan
implementasi
dari PBX (Private Branch Exchange) yang dibuat oleh Mark Spencer dari Digium.inc pada
tahun 1999. Asterisk juga adalah pemimpin di dunia open source untuk mesin
telepon
dan perangkat lainnya, menawarkan flesibelitas yang tidak terdengar di dunia
komunikasi berbayar.
Asterisk memberikan kekuasaan untuk mengembangkan dan beberapa integrator untuk membuat solusi
telekomunikasi yang lebih maju.
Asterisk dirilis oleh open source di
bawah lisensi GNU General Public License, dan itu
semua
tersedia untuk di download secara gratis. Asterisk merupakan software open
source yang
ada
dan sangat populer, dengan komunitas asterisk bisa membuat para pendemam VoIP
ke puncak telekomunikasi
yang bebas.
Asterisk pada dasarnya adalah server
VoIP, Asterisk mencakup banyak fitur yang tersedia dalam system PBX
seperti voice mail, panggilan konferensi, respon suara interaktid (menu telepon), dan
distribusi panggilan otomtis. Pengguna dapat membuat fungsi baru dengan menulis script dial plan
dalam beberapa bahasa ekstensi Asterisk sendiri. Asterisk mendukung berbagai ditur multimedia
seperti Voice over IP protocol, dengan menggunakan protocol Session Initiation Protocol (SIP),
Media Gateway Control Protocol (MGCP), dan H.323. Asterisk dapat berperan baik sebagai
registrar atau sebagai gateway antara VoIP dan PSTN.
FILE
UTAMA DI ASETRISK
1. SIP Data Account Extensions
File
yang berisi Nama/Nomer yang nantinya akan didaftar kan, Di file ini lah nanti Account didaftarkan.
Letak
File “/etc/asterisk/sip.conf”.
2. Dial Plan
Dial
Plan adalah jantung dari sistem Asterisk, yang mendefinisikan bagaimana
Asterisk menghandle panggilan keluar
dan panggilan masuk. Dial Plan juga merupakan sebuah aturan yang mengatur proses sistem Asterisk supaya sesuai dengan aturan yang dibuat.
>Letak
File “/etc/asterisk/extemsions.conf”.
3. VoiceMail
VoiceMail
merupakan sebuah pesan singkat suara yang bisa di kirim oleh user ke pada user
lain,dan dapat diterima tanpa perlu user terhubung langsung dengan user lain.
>Letak
File “/etc/asterisk/voicemail.conf”.
4. Sounds
Sounds
atau yang biasa dikenal
dengan sebuatan suara, merupakan pesan yang sudah ditanamkan ke dalam sistem Asterisk yang fungsinya untuk
memberikan notifikasi/pemberitahuan
ke pada user.
>Letak
File untuk OS Debian “/usr/share/asterisk/sounds/en/”.
INSTALASI
PACKET ASTERISK
1. Pastikan bahwa repository sudah disiapkan,
yang letak file nya di “/etc/apt/sources.list”, repository
bisa secara online maupun offline.
Ø Offline, menggunakan DVD
Kekurangan
nya yaitu untuk packet Asterisk tidak menggunakan versi yang baru, tapi
menggunakan versi yang lama. Akan tetapi bisa juga download packet nya sendiri di website resmi nya Asterisk.
Ø Online, mengambil dari
orang lain melalui internet
Contoh repository onile adalah Kartolo, Kambing UI, dll,jika install packet
secara online, packet akan menggunakan versi yang terbaru, tetapi tidak semua
packet update ke versi yang baru
untuk repository yang online bisa
meniru gambar yang ada dibawah ini
2. Jika sudah
menentukan repositori, langkah selanjutnya install packet nya dengan konfigurasi seperti
berikut, “apt install
asterisk”.
Masuk ke folder Asterisk supaya konfigurasi lebih mudah, “cd /etc/asterisk/”.
4. Konfigurasi SIP Data Account
Extensions, Untuk mendaftar kan Account, Masuk ke file sip.conf terlebih dahulu
dengan
konfig seperti berikut.”nano sip.conf”.
Jika sudah masuk ke konfigurasi file,
scroll sampai ke paling bawah, lebih cepat menggunakan tombol PgDn(PageDown).
5. Tambahkan konfigurasi untuk semua
user/client.
6. Tambahkan Konfigurasi untuk
mendaftarkan Account.
jika sudah menambah
kan konfigurasi seperti diatas exit dan save file konfigurasi nya dengan key CTRL
+ X > y > Enter.
7. Konfigurasi Dial Plan untuk
mengatur jalannya proses sistem, Masuk ke file konfigurasi terlebih dahulu. “nano
extensions.conf”.
8. Jika sudah masuk, sama seperti
konfigurasi
sip.conf, scroll sampai paling bawah dan tambahkan konfigurasi seperti berikut.
[server1] [kelompok1] = Context atau
pengelompokan yang sama seperti di SIP Data Account.
exten =
Extensions.
100 =
Nomor Telephone.
1,2,3 =
Sebuah
Priority Boot.
NoOp, Dial, HangUp =
Sebuah Option.
SIP =
Menggunakan protokol SIP.
titus = Nama Account yang sudah didaftar kan di
SIP.conf.
10 =
Batas Detik, artinya jika dalam waktu 10 detik user tidak ada respond maka akan langsung
dilanjut ke boot berikutnya.
Exetension jika pada sebuah aplikasi telepon,
extensions berarti sebuah identifier bernomor yang menunjukkan sebuah jalur
yang bisa dipanggil / memanggil, pada sistem Asterisk, pemahaman extension
mendefinisikan langkah-langkah yang akan dikerjakan oleh Asterisk, dimana
setiap langkah memiliki aplikasi. Sebuah Extensions bisa menunjukan pada sebuah
headset, sebuah antrian, voicemail, atau layanan IVR.
9. Restart packet
setiap selesai konfigurasi, “service asterisk
restart”
TEST
•
Jika device yang
digunakan adalah HandPhone, maka perlu kita
install Aplikasi Zoiper untuk perantara User dengan Server.
•
Supaya Handphone bisa
terhubung ke server maka perlu hardware jaringan yaitu router/Modem, DNS
diarahkan ke IP Address Server.
1. Koneksi kan terlebih dahulu handphone
ke Router/Modem yang sudah disetting.
2. Buka Aplikasi Zoiper, dan pilih
garis hitam di pojok kanan atas.
3. Pilih Settings.
4. Pilih Account.
5. Pilih tannda + ( tambah ).
6. Pilih yes.
7. Pilih Manual Configuration.
8. Daftar kan akun anda sesuai data
yang tadi didaftar kan di server.
-
Account Name = di
isi dengan nama user ( Hanya
untuk penamaan dan penanda saja ).
- · Host = IP Address Server, cara mengetahui ip address server dengan perintah “ip a”, jika belum dikonfigurasi ip address nya bisa di konfig di file interfaces, letak file nya “/etc/network/interfaces”.
- · Username = Nama Account sesuai yang didaftarkan di SIP.conf.
- · Password = Password Account yang didaftarkan di SIP.conf.
Jika sudah, pilih tanda panah di pojok
kiri atas.
Jika berhasil maka ada tanda centang
warna hijau di sebelah nama account.
8. Sekarang test
telfon ke nomer user lain, contoh user
titus menelpon ke nomor 200.
dan hasilnya
berhasil.
VOICEMAIL
1. Edit File voicemail.conf, Untuk membuat
Mailbox nya ( sebuah direktori untuk menyimpan hasil rekaman suara ), Masuk
terlebih dahulu ke file voicemail.conf, “nano voicemail.conf”.
2. Cari konfig
[default] dan tambah kan konfig mailbox dibawah nya, seperti gambar dibawah.
•
100 = Nama direktori Mailbox.
•
1234 = Password
yang nanti nya untuk membuka voicemail.
•
titus = Nama account.
•
titus@example.com
= Nama E-Mail, cukup di isi terserah
•
Jika sudah Keluar
dan simpan konfigurasi, CTRL + X > y > enter.
3. Masuk ke file
extensions, untuk mengatur agar telepon dapat melakukan panggilan voicemail, “nano extensions..conf”.
4. Tambahkan konfigurasi voicemail di
DialPlan sebelumnya.
Konfig diatas berfungsi agar user
dapat memutar file rekaman suara yang tadi di rekam lewat voicemail.
•
Tambahkan
konfigurasi
voicemail dibawah option Dial.
•
*100 = Nomor telephone untuk
Memutar file hasil rekaman.
•
Contoh prosses yang
akan terjadi.
•
saat user akan
menelpon user lain, extensions akan mengarahkan ke priority boot pertama
•
priority boot
pertama yaitu exten untuk memberitahu operator, supaya operator tau bahwa user
ini sedang melakukan panggilan telepon dengan user lain, jika sudah nanti akan
dilanjutkan ke priority boot selanjutnya.
•
Priority boot kedua
yaitu Dial yg arti nya, langsung disambungkan ke user yang dituju, di sini
handphone dari user yang dituju sudah bergetar untuk menunggu user menerima
panggilan tersebut.
•
di konfig Dial di
pojok ada angka 10,yang artinya, jika user yang dituju tidak menerima panggilan
selama 10 detik maka akan langsung di alih kan ke priority boot selanjutnya.
•
Priority ketiga
yaitu voicemail, jika user yang dituju tidak merespon panggilan tersebut maka
akan dialih kan ke boot priority selanjutnya yaitu voicemail, nah disini user
yang melakukan panggilan setelah terdengar bunyi beep rekam lakukan pesan suara
supaya nanti bisa disampaikan ke user yang dituju yang nantinya akan disimpan
ke mailbox, dan nati nya akan
dikirm ke user yang dituju.
•
Priority keempat
yaitu Hangup, setelah melakukan voicemail, selanjutnya akan dilanjutkan ke boot
priotiry yang selanjutnya yaitu Hangup, yang artinya panggilan akan diakhiri.
Jika
sudah keluar dan simpan hasil konfigurasi, CTRL + X > y > enter.
MENU
IVR
Menu
IVR adalah sebuah layanan operator yang terdapat menu pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan
yang disediakan oleh sistem, Contoh layanan operaor 911, 112 dll.
1. Lakukan rekam suara terlebih dahulu
untuk opsi pemberitahuan kepada user ( Contoh rekaman suara, “ Selamat datang
di layanan operator XL,
dan seterusnya.). Simpan dalam bentuk fortmat .wav, dan copy kan file rekaman
ke direktori, “/usr/share/asterisk/sounds/en/”.
2. Masuk ke file konfigurasi
extensions untuk menambahkan Menu IVR ke DialPlan,
“nano extensions.conf”.
3. Tambah kan nomer khusus untuk
layana Menu IVR, Nomor
terserah, ambil contoh layanan IVR menggunakan
nomor
911.
•
Exten =>
911,1,Goto(ivr-1,s,1)
•
Exten = Extensions.
•
911 = Nomor untuk layan Menu
IVR.
•
1 = Priority Boot.
•
Goto = Diarahkan /
Dilompatkan ke nomer tertentu.
•
ivr-1 = General
extensions.
•
s,1 = Penanda
DialPlan untuk layanan Menu IVR.
4. Tambahkan Konfigurasi Untuk aturan
DialPlan Menu IVR ( Untuk Mengatur urutan prosses Menu IVR ), Buat General
Sendiri, jangan digabungkan dengan nomer telepon.
•
[ivr-1] = General
Khusus untuk Menu IVR.
•
Playback(operator)
= operator, nama file rekaman.
•
Playback(Rumahsakit)
= Rumahsakit, nama file rekaman.
•
Playback(Keamanan)
= Keamanan, nama file rekaman.
•
Playback(salah) =
salah, nama file rekaman.
•
Playback(lama) =
lama, nama file rekaman.
•
i = Invalid.
•
t = TimeOut.
Contoh urutan terjadinya prosses Menu
IVR
•
user menelpon ke
layanan Menu ivr dengan nomer 911, priority pertamanya akan di
exten
=> 911,1,Goto(ivr-1,s,1). ( konfig disamping artinya, setelah telfon ke
nomer 911, langsung
diarahkan / dilompatkan ke general ivr-1).
•
setelah diarahkan
ke general ivr-1, sistem akan memabca kembali priority boot.
•
Priority boot
pertama yaitu NoOp(layanan-operat), Untuk notifikasi ke operator, supaya
operator tau siapa yang mengakses ke Layanan Menu IVR.
•
Priority boot
kedua, Answer, diterima oleh operator secara otomatis.
•
Priority boot
ketiga, Playback(operator), muncul pesan suara dari sistem ke user, (contoh
“Selamat datang dilayan operator kami, dan seterusnya).
•
Priority boot
ketiga, WaitExten(8), user
diberi waktu selama 8 detik untuk memilih menu layanan, ( coontoh menu 1,
menekan tombol 1 untuk layanan rumah sakit, tombol 2 untuk layanan keamanan ).
•
Jika
sampai 8 detik user
tidak merespond / tidak menjawab, maka akan otomatis di arahkan ke exten TimeOut,
dan pesan suara layanan menu IVR akan diulang ke priority boot pertama.
•
Jika user salah memilih menu
layanan, maka akan otomatis akan diarhkan ke exten invalid ( contoh layanan
hanya ada di tombol, 1 dan 2, tetapi user malah memilih tombol 3, yang tidak
ada layanan nya, otomatis akan diulang kembali ke priority boot pertama sama
seperti Exten TimeOut )
•
jika user merespond dengan
benar, ( contoh user
memilih layanan 1 yaitu rumah sakit, dengan menekan tombol 1 ) maka otomatis user akan diarahkan ke
exten RumahSakit dan dilanjut dengan layanan rumah sakit.
•
Selesai.
MONITORING
KHUSUS UNTUK OPERATOR
1. Agar operator tau semua prosses
terjadinya user dengan user lain saling berhubungan, ketikkan konfig seperti
berikut ini, “asterisk
–rvvv”.
2. Jika sudah Konfigurasi seperti di
atas, maka tampilan akan seperti gambar dibawah ini.
3. Tunggu sampai user menghubungi
user lain, atau mau menggunakan
layanan Menu IVR, Voice Mail, dll. Operator akan tau lewat notififikasi yang
akan muncul di termial.
•
Kotak pertama
menginformasikan bahwa user titus menggunakan layanan Menu IVR.
•
Kotak Kedua
menginformasikan bahwa user titus mengguunakan layanan voicemail yang ditujukan
ke user isyana.
•
Kotak ketiga
menginformasikan bahwa user titus sedang melakukan panggilan dengan user
isyana.
Seperti
itulah sebagian dari Fitur – Fitur yang ada di Packet Asterisk VOIP, yang bagaimana
membangun sebuah
jaringan VOIP yang menggunakan Packet Asterisk, mulai dari jaringan telefon,
fitur Playback, Fitur Layanan VoiceMail, dan Fitur Layanan Menu IVR.
Mohon maaf apabila ada kesalahan atau
ada salah kata.
BY Support : ATSWA INDONESIA
DAFTAR
PUSTAKA
Prima
Kristalina - PENS ( Politeknik Elektronika Negeri Surabaya )
Dwi
Ramadan – Surya University
pascom
GmbH & Co. KG
Comments
Post a Comment